Minggu, 28 Oktober 2012

OpenGL

Nama: Roy Heuward
Kelas: 3KA28
NPM: 16110259

Diagonal



Logika:



Logika :
Pada program open GL ini, ditugaskan untuk membuat tampilan line pada openGL sample berupa garis horizontal , dalam pembuatan garis ini membutuhkan kodingan seperti gambar diatas, berikut langkah langkanya :
-          glClearColor = berfungsi untuk member warna pada program.
-          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT) = untuk membersihkan layar yang berlatar hitam.
-          glPushMatrix(); = berfunsi untuk membuat baris kode agar  tidak berlaku untuk bagian luar.
-          glClearColor(1,1,1,0) = berfungsi untuk menentukan warna garis/titik dengan menggunakan kode tsb.
-          glColor3f(1,1,1) = berfungsi untuk menentukan warna yang kita inginkan dengan menggunakan kode 3f.
-          glBegin(GL_LINES) = berfungsi untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
-          glVertex3f(-0.6f,0.0f,0.0f);  =  untuk menentukan titik awal yang digunakan.
-          glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f);  = untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
-          glEnd ();  = untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
-          glPopMatrix (); =
-          Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-          SwapBuffers (hDC); = digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
-          Sleep (1); = digunakan untuk mengakhiri program pada openGL.



Vertikal

 



Logika:



LOGIKA :
Sama pada program sebelumnya, progam ini sama langkah-langkahnya, bedanya kita sekarang ingin menampilkan garis vertical, yaitu garis lurus mengarah ke sumbu Y, pada pembutan garis ini kita masih sama yaitu menggunakan open GL, hanya yang beda pada kodingan ini terletak pada glVertex3f(10.10,10.0,13.13); yaitu maksudnya kita menggunakan titik awal seperti yang kita input maka dari itu titik awal kita akan berada pada titik-titik tsb kemudian glVertex3f(0,0,0.0); yang berarti kita membuat titik akhit yang mengarah sumbu Y=0 karna kita membuat garis vertical yang mengarah sumbu Y.
 


Diagonal






Logika:




Logika :
Pada pembuatan garis diagonal masih sama dengan program diatas, bedanya pun masih sama yaitu hanya pada pembuatan titik awal dan titik akhirnya saja, disini karna kita membuat garis diagonal kita menggunakan titik awal sbg berikut glVertex3f(0.10,10.0,13.13); yaitu merupakan titik awal yang kita gunakan berawal dari sumbu x yang bernilai 0 dan Y 10, lalu bergerak lagi dr sumbu X bernilai 10 dan Y bernilai 0, jadi seakan-akan garis balik lagi ke titik awal yang sebelumnya. Lalu glVertex3f(0,0,0.0); yang berarti vertex yang ke 2 ini hanya memiliki nilai 0 dan hanya menggikuti garis yang sudah di buat pada vertex awalnya.
Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai pembuatan jenis – jenis garis pada OpenGL, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2010 Roy Heuward | Design : Noyod.Com | Images: Moutonzare