Kelas: 3KA28
NPM: 16110259
Diagonal
Logika:
Logika :
Pada program open GL ini, ditugaskan untuk membuat
tampilan line pada openGL sample berupa garis horizontal , dalam pembuatan
garis ini membutuhkan kodingan seperti gambar diatas, berikut langkah langkanya
:
-
glClearColor = berfungsi untuk member
warna pada program.
-
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT) = untuk
membersihkan layar yang berlatar hitam.
-
glPushMatrix(); = berfunsi untuk membuat
baris kode agar tidak berlaku untuk
bagian luar.
-
glClearColor(1,1,1,0)
= berfungsi untuk menentukan warna
garis/titik dengan menggunakan kode tsb.
-
glColor3f(1,1,1)
= berfungsi untuk menentukan warna
yang kita inginkan dengan menggunakan kode 3f.
-
glBegin(GL_LINES)
= berfungsi untuk menggambar garis
dari titik yang digunakan.
-
glVertex3f(-0.6f,0.0f,0.0f);
= untuk menentukan titik awal yang digunakan.
-
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f);
= untuk menentukan titik
akhir yang digunakan.
-
glEnd ();
= untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir.
-
glPopMatrix
(); =
-
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-
SwapBuffers
(hDC); = digunakan untuk menukar
bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
-
Sleep (1); =
digunakan untuk mengakhiri program pada openGL.
Vertikal
Logika:
LOGIKA :
Sama pada program sebelumnya, progam ini sama
langkah-langkahnya, bedanya kita sekarang ingin menampilkan garis vertical,
yaitu garis lurus mengarah ke sumbu Y, pada pembutan garis ini kita masih sama
yaitu menggunakan open GL, hanya yang beda pada kodingan ini terletak pada
glVertex3f(10.10,10.0,13.13); yaitu maksudnya kita menggunakan titik awal
seperti yang kita input maka dari itu titik awal kita akan berada pada
titik-titik tsb kemudian glVertex3f(0,0,0.0); yang berarti kita membuat titik
akhit yang mengarah sumbu Y=0 karna kita membuat garis vertical yang mengarah
sumbu Y.
Diagonal
Logika:
Logika :
Pada pembuatan garis diagonal masih sama dengan
program diatas, bedanya pun masih sama yaitu hanya pada pembuatan titik awal
dan titik akhirnya saja, disini karna kita membuat garis diagonal kita menggunakan
titik awal sbg berikut glVertex3f(0.10,10.0,13.13); yaitu merupakan titik awal
yang kita gunakan berawal dari sumbu x yang bernilai 0 dan Y 10, lalu bergerak
lagi dr sumbu X bernilai 10 dan Y bernilai 0, jadi seakan-akan garis balik lagi
ke titik awal yang sebelumnya. Lalu glVertex3f(0,0,0.0); yang berarti vertex
yang ke 2 ini hanya memiliki nilai 0 dan hanya menggikuti garis yang sudah di
buat pada vertex awalnya.
Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai pembuatan
jenis – jenis garis pada OpenGL, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar